Sabtu, 03 Maret 2012

cara mengganti pegas daun baruu





II. Trouble Shooting Pada Suspensi Jenis Pegas Daun
A. Gangguan-gangguan Yang Dialami Adalah :
ü   Kendaraan bergoyang/pantulanya tidak baik
Penyebab :
1)      Peredam kejutnya patah
2)      Mur pengikat baut U kurang kencang
Cara mengatasi :
1)      Ganti peredam kejut yang patah
2)      Kencangkan mur pengikat baut U sesuai spesifikasi.
ü   Kendaraan tidak nyaman waktu dikendarai
         Penyebab :
1)      Pegas daun patah
2)      Peredam kejut lepas/patah
Cara mengatasi :
1)      Ganti pegas daun yang patah
2)      Jika peredam kejut lepas pasang kembali dan jika patah harus diganti

B. Pemeriksaan Pendahuluan
Sebelum melakukan perbaikan, pasti ada yang timbul dari kendaraan tersebut, dan harus diperiksa terlebih dahulu. Tempatkan kendaraan pada tempat yang rata (diam dan belum ada beban) lalu tekan kendaraan apakah pegas daunya bekerja dengan baik ataukah tidak.

C. Alat dan Bahan
1.      Kunci pas
2.      Kunci ring
3.      Kunci inggris
4.      Kunci sock
5.      Obeng (-) dan (+)
6.      Palu
7.      Feller gauge
8.      Katrol
9.      Tang jeit
10.  Tang biasa
11.  Kunci T
12.  Kunci roda
13.  Dongkrak
14.  Ring expander
15.  SST

D. Proses Kerja
  1. Langkah keamanan
a)      Carilah tempat yang rata dan bersih
b)      Siapkan alat-alat yang dibutuhkan
c)      Pakailah wearpack
  1. Pembongkaran/melepas shock absorber belakang
a)      Dongkrak kendaraan
b)      Lepas mur mounting bawah
c)      Leaskan mur mounting atas kemudian lepaskan shock absorbernya
  1. Melepas pegas daun
a)      Angkat kendaraan (dongkrak) dengan menggunakan shald rigid untuk menopang body kendaraan



Catatan : Janagan menggantungkan axle housing dengan menggunakan brake house atau pipa selang rem hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan pada house dan pipa. Gunakan stand untuk menompang axle housing seperti tampak pada gambar.
b)      Lepaskan roda belakang dan clamp kabel rem tangan
c)      Lepaskan baud dan mur U
d)     Lepaskan mur dan pin chasis
e)      Lepaskan mur baud depan leaf spring dan lepaskan spring
  1. Melepas suspensi belakang
E. Pemeriksaan Suspensi Jenis Pegas Daun
  1. Periksa shock absorber belakang dari :
Periksa dari kemungkinan aus dan kerusakan
a)      Periksa busing-busing dari keruskan dan aus
b)      Periksa dari kebocoran oli
c)      Bila ada kelainan dari komponen yang diperiksa maka gantilah segera
  1. Periksa daun bump stopper
Periksa dari kemungkinan kerusakan atau patah, jika terdapat kelainan maka gantilah segera lalu periksa bump stopper dari posisinya, bila tidak sesuai dengan ketentuan maka gantilah segera.
  1. Periksa bush per daun
Periksa dari kerusakan atau aus, bila ada kerusakan gantilah segera.
  1. Periksa wheel disk, mur dan bearing
a)      Periksa wheel disk dari kebocoran, karat dan retak. Bila ada kelainan harus diganti
b)      Periksa kekencangan mur wheel (roda) bila perlu kencangkan sesuai dengan spesifikasinya
Momen pengencangan (@) : 1.013.0 kgm.
  1. Periksa keadaaan bearing roda, dari ke rusakan pada saat mainnya roda.
Gunakan DTI (Dial Indikator)
Batas main “a” : 0.8 mm
Bila diluar batas main, gantilah segera
  1. Dengan memutar roda, periksa bearing dari suara tidak normal, bila ada maka gantilah bearing.
F. Pemasangan Suspensi Jenis Pegas Daun
  1. Pemasangan shock absorber
Langkah pemasangan shock absorber :
a)      Pasang shock absorber
b)      Kencangkan murnya sesuai dengan spesifikasi
·         2.2-3.5 Kg/m
·         3.5-5.5 Kg/m
c)      Turunkan kendaraan
  1. Pemasangan pegas
Catatan : Leaf spring kiri dan kanan dibuat tidak sama untuk prosedur pemasanganya pakailah baud rubber slippada spring yang terpasang dari arah dalam ke arah luar krndaraan.
Bersihkan pin brush dengan air/sabun.
Jangan memberikan oli pada brush
a)      Pasang baud leaf spring dari arah luar kendaraan kea rah dalam
b)      Pasang knuckle pin dari tengah ke luar kendaraan
 c)      Pasang baud dan mur U pada lubang dudukan spring dengan benar, kemudian kencangkan sesuai dengan spesifikasinya
“a” : 8.0-1.0 kg/m
 d)     Kencangkan mur-mur pin dan mur spring depan sesuai dengan spesifikasinya.
Momen pengencangan :
“a” : 8.0-10.0 kg/cm
“b” : 4.0-5.0 kg/cm
e)      Pasang kabel remt tangan dan clam dengan baik
f)       Pasang roda belakang dan kencangkan sesuai dengan spesifikasinya
g)      Turunkan kendaraan

G. Perbaikan Suspensi Jenis Pegas Daun
a.    Apabila pegas daun sudah robek/patah, maka dapat diperbaiki dengan disambung menggunakan las. Tetapi kekuatannya akan berkurang, jadi lebih baik diganti dengan yang baru.
b.   Jika shock absorber sudah tidak dapat bekerja maka harus diganti.
c.    Jika baud U dan inti ulirnya sudah aus maka harus segera diganti agar dapat mengikat dengan kuat jika tidak diganti akan timbul bunyi.
d.         Apabila busing sudah pecah harus diganti jika tidak maka akan menjadi kerusakan saat menerima beban atau kejutan.



H. Kesimpulan
Pada beberapa jenis mobil (colt diesel 120) PS menggunakan suspensi roda kanan dan kiri dipasang diujung axle tunggal yang ditempatkan pada body. Axle rigid yang biasanya dibuat dari baja tempa pejal yang berbentuk “I” sehingga salah satu komponen suspensi roda belakang axle rigid pada colt diesel rusak contohnya, maka akan mempengaruhi mekanisme kerja dari sistim suspensi itu sendiri, dan juga banyak dari komponen-komponen suspensi  roda belakang pada Suzuki carry contohnya yang rusak, perlu diperbaiki dan bahkan diganti dengan yang baru.

I. PENGUJIAN
  1. Pengetesan dalam keadaan berhenti
Dalam keadaan berhenti komponen-komponen yang telah diganti dapat dites dengan cara digoyang-goyang dari dalam mobil apakah penolakan dari shock absorber sudah beres ataukah belum beres.
  1. Pengetesan dalam keadaan berjalan
  2. Apabila kendaraan dengan cepat atau pada jalan yangtidak rata akan mempengaruhi sistim suspensi. Maka pada sistim suspensi timbul reaksi dan apabila suspensi dapat bekerja dengan normal  tidak timbul bunyi-bunyi benturan berarti suspensi sudah baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar